TOP 5 Rekomendasi Buku Parenting

55

Parenting is a lifetime school. Begitu aku menyebutnya. Selain berbekal ilmu pengalaman dari orang tua tentang mengasuh anak, aku juga senang belajar dari buku yang ditulis oleh orang-orang yang menekuni dunia anak karena pengetahuan mereka lebih banyak dan lebih valid.

Berbagai tulisan tentang parenting yang akan atau sudah aku tuangkan dalam blog ini akan banyak sekali dipengaruhi oleh buku-buku yang aku baca dan aku list di sini.

Untuk kamu yang sedang mencari referensi buku tentang parenting, ini beberapa yang aku sarankan dan urutan di sini menunjukkan prioritas rekomendasi. Semoga buku-buku ini membantu kamu yang akan, atau sedang menjadi ayah atau ibu:

TOP 10 Rekomendasi Buku Parenting

1. Mom and Her Son

Buku yang ditulis oleh DR. Kevin Leman, seorang psikiater anak ini adalah buku tentang membentuk karakter anak laki-laki. Berhubung anakku semuanya cowok, jadi buku ini sangat memberi petunjuk tentang memahami anak laki-laki, bagaimana mengasuh mereka, dan yang paling penting membentuk karakter mereka. Sebenarnya bisa juga tips-tips yang ditulis di buku ini diterapkan untuk anak perempuan, namun akan membutuhkan beberapa penyesuaian. Jika ada satu buku yang harus kamu baca, maka inilah bukunya.

2. Montessori Play and Learn

Aku adalah salah satu pengagum Maria Montessori. Jadi enggak heran kalau buku tentang metode Montessori pasti masuk dalam daftarku. Tidak seperti buku Montessori lain yang membahas bekerja dengan Montessori kit (yang dimana harga kit-nya lumayan mahal), di buku ini Lesley Britton menuliskan beberapa aktifitas Montessori dengan alat-alat yang bisa ditemukan di sekitar rumah. Ini tentu menghemat banyak sekali pengeluaran. Dan yang lebih bagus lagi adalah Britton juga membagikan tips seputar membangun kemandirian anak mulai dengan cara yang paling sederhana, karena tujuan dari metode Montessori adalah menghasilkan anak yang mandiri.

3. The Montessori Toddler

Metode Montessori pada dasarnya berbeda untuk setiap usia perkembangan anak (walaupun esensi materinya tetap sama yaitu menghasilkan generasi yang mandiri). Dan Montessori sendiri pada umumnya membagi usia anak dalam 4 tahapan yaitu: 0-3 tahun, 4-6 tahun, 7-12 tahun, dan yang terakhir 13-18 tahun. Namun metode Montessori yang paling banyak dibahas adalah usia balita, karena digadang-gadang memang usia emas anak terletak pada 6 tahun pertamanya. Di buku ini Simone Davies memulai bab-bab fakta tentang balita dan bagaimana melihat segala sesuatu seperti mereka, agar kita orang tua bisa memahami cara mereka berfikir dan melihat sesuatu. This book is full English, dan belum ada terjemahannya. Davies menulis buku ini dengan gaya jenaka, dan sering membuat aku tertawa di setiap halamannya.

4. Montessori for Multiple Intelligences

Okay, Montessori lagi ya? Iya seperti aku bilang, aku penggemar Montessori. Dan sepengetahuanku belum ada metode lain yang dikemas dengan apik untuk pengasuhan anak selain metode ini. Buku karya Ivy Maya Savitri ini menekankan penerapan Montessori yang dikustomisasi untuk setiap jenis kecerdasan. Jadi pemetaannya bukan pada usia anak, tapi pada jenis kecerdasan agar setiap anak bisa mengasah berbagai jenis kecerdasan dengan aktifitas yang disarankan di buku ini.

5. Apa itu Homeschooling

Sebenarnya aku belum percaya diri untuk melakukan homeschooling, karena belum PD itu akhirnya aku membaca buku ini sebagai langkah awal mengenal lebih baik dulu seperti apa HS itu dan praktek penerapannya. Buku ini ditulis oleh sepasang suami istri dengan 3 anak yang semuanya mendapatkan pendidikan berbasis rumah. Buku ini sangat baik untuk mengubah cara pikir kita tentang pendidikan dan tentang apa yang sepatutnya menjadi kualifikasi dasar yang harusnya dimiliki anak untuk membantunya kelak hidup di tengah masyarakat.

Seiring bertambahnya buku parenting yang aku baca, aku akan selalu memperbarui tulisan ini jika terdapat buku lain yang aku rekomendasikan.

If you have other recommendations, please leave them in the comments below. Thank you.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *